Berita

Berita Thumbnail
Minggu, 01 Agustus 2021
Oleh: Admin

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif: Kolaborasi adalah Kunci Pengelolaan Warisan Dunia

Berita dari FTSP Usakti

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif: Kolaborasi adalah Kunci Pengelolaan Warisan Dunia 

Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Trisakti bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Pemerintah Kota Sawahlunto dan didukung Propan Raya mengadakan seminar dengan tema "Gagasan Pengelolaan Warisan Dunia Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto melalui Pariwisata dan Ekonomi Kreatif" Kegiatan diadakan pada Sabtu, 31 Juli 2021 melalui secara daring.

Sambutan Prof. Dr. Ir Kadarsah Suryadi, DEA selaku Rektor Universitas Trisakti kembali mengingatkan peran pariwisata dan ekonomi kreatif sebagai tulang punggung pembangunan Indonesia. Kekayaan dan keanekaragaman sumber daya budaya merupakan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif  yang harus direalisasikan bersama. Universitas Trisakti siap untuk berkolaborasi mengembangkan sumber daya budaya bangsa, termasuk warisan dunia Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto. 

Dr. Sandiaga Salahuddin Uno, BBA, MBA., Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menegaskan pentingnya kolaborasi untuk memastikan Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto yang telah ditetapkan sebagai Warisan Dunia UNESCO dapat menjadi lokomotif kebangkitan pariwisata. Sawahlunto menjadi destinasi yang penuh potensi berkaitan dengan masa lalu dan masa depannya. Masa lalu berkaitan dengan tambang batu bara, tetapi masa depannya berkaitan dengan pariwisata berbasis sejarah dan budaya. 

Hadir sebagai pembicara :

1. Dr. Ir. Yowono Imanto, MBA.

2. Ar. Arya Abieta, IAI., AA.

Dan Penanggap

1. Drs. Vinsensius Jemadu, MBA. (Deputi Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif)

2. Deri Asta, SH (Walikota Sawahlunto, Sumatera Barat)

Dengan moderator Dr. Ir. Dermawati DS, MT. (Dosen MK Pemugaran, Magister Arsitektur, Universitas Trisakti)

Acara diakhiri dengan sesi tanya jawab dan diisi dengan foto bersama.

Semoga acara ini dapat memberikan ilmu yang bermanfaat khususnya bagi pengelolaan pelestarian Sawahlunto dan pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif untuk dapat memajukan masyarakat di sekitarnya.

Sumber berita : UPT Humas