Konsentrasi Studi

Konsentrasi Studi

Dengan mempertimbangkan kebutuhan pendidikan akademik lanjut bagi lulusan Program Studi S1 (Program Sarjana) bidang Teknik Sipil, maka Konsentrasi Studi pada Program Magister Teknik Sipil dikembangkan dengan 4 (empat) Konsentrasi Studi. Ke-empat Konsentrasi Studi tersebut adalah:

  1. Struktur
  2. Teknologi Konstruksi dan Manajemen
  3. Sumber Daya Air
  4. Transportasi

1. Konsentrasi Struktur
Pendalaman pengetahuan sekaligus perluasan pengetahuan yang terkait dengan Teknik Struktur sangat diperlukan mengingat sangat kompleksnya permasalahan dalam perancangan struktur bangunan teknik sipil. Konsentrasi Struktur  memungkinkan peserta didik untuk melakukan pengkajian secara mendalam sekaligus memperluas wawasan pengetahuan bidang perancangan struktur bangunan teknik sipil.

2. Konsentrasi Teknologi Konstruksi dan Manajemen
Pendalaman pengetahuan sekaligus perluasan pengetahuan yang terkait dengan Manajemen Konstruksi sangat diperlukan mengingat sangat kompleksnya permasalahan dalam mewujudkan bangunan teknik sipil dari ide / kebutuhan, studi kelayakan, perancangan bangunan teknik sipil, pengadaan sumberdaya, persiapan konstruksi, pelaksanaan konstruksi sampai operasi dan pemeliharaan. Konsentrasi Teknologi Konstruksi dan Manajemen memungkinkan peserta didik untuk melakukan pengkajian secara mendalam sekaligus memperluas wawasan pengetahuan bidang pengelolaan dari tidak ada menjadi terwujudnya suatu bangunan teknik sipil.

3. Konsentrasi Sumberdaya Air
Pendalaman pengetahuan sekaligus perluasan pengetahuan yang terkait dengan Teknik Sumber daya air sangat diperlukan mengingat sangat kompleknya permasalahan dalam perancangan, pengelolaan, pengoperasian dan pemeliharaan bangunan sumber daya air. Konsentrasi sumber daya air memungkinkan peserta didik untuk melakukan pengkajian secara mendalam perancangan, pengelolaan, pengoperasian dan pemeliharaan bangunan air sekaligus mengkaji pengendalian daya rusak air.

4. Konsentrasi Transportasi
Pendalaman pengetahuan sekaligus perluasan pengetahuan yang terkait dengan Tranportasi, sangat diperlukan mengingat sangat kompleksnya permasalahan Transportasi. Baik dalam Kebijakan, Perencanaan, Permodelan serta Infrastruktur Transportasi  dan lain nya.