Berita

Berita Thumbnail
Rabu, 10 Juni 2009
Oleh: Admin

Hadi Rusjanto Mendapat Penghargaan Perencana Struktur Terbaik American Concrete Institute 2009

American Concrete Institute (ACI) organisasi nirlaba dunia bidang bangunan konstruksi beton yang didirikan di Amerika pada tahun 1905,

secara rutin setiap tahun mengumpulkan dari seluruh dunia tulisan-tulisan ilmiah hasil penelitian uji lapangan, laboratorium; penemuan-penemuan baru dibidang teknologi rekayasa struktur maupun pelaksanaan pembangunan yang telah diterbitkan dalam majalah dan jurnal ilmiah ACI. Selanjutnya dibentuk satu tim pilihan khusus meliputi kumpulan pakar-pakar dari berbagai perguruan tinggi ternama, para praktisi dan konsultan tingkat dunia yang dengan melalui sistem seleksi terbuka memilih dari masing-masing klasifikasi tulisan yang layak diberi penghargaan terbaik.

Anugrah pemberian penghargaan terbaik biasanya diumumkan sekaligus bersamaan dengan diselenggarakannya acara konvensi internasional ACI tiap awal liburan musim semi. Konvensi ACI tahun 2009 kali ini diselenggarakan oleh University of Texas yang mengambil tempat di Hotel Marriot Rivercenter, San Antonio, TX dari tanggal 15 sampai 19 Maret 2009. Tercatat lebih dari 50 negara mengirimkan pakar-pakar struktur betonnya untuk menghadiri konvensi ini.

Dari buku panduan 2009 Award Program yang diterbitkan panitia ACI terdapat sejumlah 38 (tiga puluh delapan) orang yang menerima penghargaan terbaik sesuai klasifikasi tulisan yang telah diseleksi. Satu tulisan ilmiah dari Hadi Rusjanto Tanuwidjaja, dosen tetap Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Trisakti Jakarta yang diterbitkan dalam majalah Concrete International V 29, N0. 5, May 2007 dengan judul Coupling Beams in the Satrio Tower telah dipilih sebagai ACI Best Design Award karena implementasi penggunaan baja tulangan mutu tinggi untuk penulangan balok kopel pada proyek Satrio Tower di Jakarta yang akan mengurangi jumlah baja tulangan diagonal sehingga memberi nilai tambah serta memudahkan pemasangan pekerjaan lapangan dinilai sebagai The ACI Design Award honors a paper that describes advanced concepts and techniquest applied to a specific design project.

Yang membanggakan dalam hal ini Hadi Rusjanto, adalah alumni Teknik Sipil Universitas Trisakti dan Enjinir Pertama Indonesia yang mendapatkan penghargaan tertinggi dalam perencanaan rekayasa struktur beton tingkat dunia. (dikutip dari Majalah WIDYA Tahun 26 Nomor 283 April 2009)